Dubbing

Film kalo enggak ada suaranya ya pasti akan terasa hambar gitu enggak sih? Kalo dianalogiin kayak potongan lirik lagu yang ini 'bagai sayur tanpa garam, kurang enak, kurang sedap'. Ibaratnya nih, kebayang enggak sih kalo kalian nonton film di bioskop, dan saat momen dialog kalian cuma liat gambar tanpa ada suaranya? Terus kalian kebayang juga enggak kalo nonton film, tapi enggak ada suara efek ataupun instrumen untuk backsound? Suasana dalam film yang mungkin harusnya haru tapi orang enggak bisa merasakan keharuan, suasana dalam film yang mungkin harusnya bahagia, tapi orang enggak bisa merasakan kebahagiaan.

18 November 2018, di hari itu gue kebagian tugas untuk liputan ke salah satu rumah produksi mixing audio di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Berhubung beberapa tahun belakangan gue sudah menjadi anker (dibaca angker) bahasa gaulnya anak kereta, di hari itu commuterline menjadi pilihan transportasi gue. Oia terus just for your information, sepanjang perjalanan di commuterline gue bingung. Enggak tau harus apa, harus gimana, dan hal apa yang harus gue lakukan pertama kali untuk memulai obrolan saat harus bertemu dengan salah satu orang yang gue kagumi dalam hidup ini, asli.

'Stasiun pondok ranji' suara pemberitahuan commuterline berbunyi, ambil handphone, pesen ojek online, nunggu sebentar dan wuuuuuuussss!!! Sekitar 5 menit dan tibalah gue di rumah produksi mixing audio. Dag, dig, dug, ser euy, makin enggak karuan perasaan. Campur aduk jadi satu kayak rasa rujak buah pake sambel kacang ditambah garem siang-siang.

Dan....enggak lama menunggu, jeng-jeng bertemulah gue dengan Mba Wulan Guritno. First impresssion gue saat bertamu Mba Wulan saat itu adalah ramah dan tentunya cantik. Di bagian akhir ini terima kasih gue sampaikan kepada salah satu film tanah air di akhir tahun 2018, karena sudah mengantarkan gue bertemu dengan Mba Wulan saat jadwal dubbing. Dan...Lebih khususnya gue sampaikan terima kasih juga kepada Mba Wulan Guritno yang telah bersedia memberikan ijin kepada gue untuk mengabadikan momen sesaat sebelum memulai dubbing, Arigatou Mba!!!

Penulis
Bagus Bahari

Komentar

JEPRETAN KESUKAAN